IMG-LOGO

Menyambuat Ramadhan Dengan Penuh Sukacita

Create By 24 March 2023 22 Views

Kita sedang menyambut bulan suci Ramadhan hadir. Bulan latihan diri untuk bertahan dalam petunjuk yang benar: bertahan dalam pelatihan praktis yang nyata, dan bertahan dalam pengelolaan jiwa yang terasa.

Di bulan ini Al-Qur’an sebagai petunjuk manusia diturunkan, memberi peta jalan hidup kepada

Ya, mengucapkan “marhaban ya Ramadhan” (selamat datang bulan Ramadhan). Tentu, ucapan selamat datang akan kurang terserap hati jika tidak dibarengi doa.

Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani (w. 360 H) membuat bab khusus dalam Kitâb al-Duâ’ tentang hal ini.

Nama babnya adalah al-Qaul ‘Inda Dukhûl Ramadlân (doa/ucapan yang [dibaca] saat memasuki bulan Ramadhan). Berikut doa-doa yang dikumpulkan oleh Imam ath-Thabrani:

Pertama, doa yang diriwayatkan Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith (34 H). Dalam hadits tersebut Rasulullah mengajarkan doa atau kalimat yang dibaca saat Ramadhan datang. Berikut riwayatnya (sanadnya hasan):

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Dari ‘Ubadah bin al-Shamith radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Ramadhan datang:Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan” (Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadhan.

Dalam ramadan kali ini desa ngadipuro mengadakan banyak sekali kegiatan setiap dusunnya, tak lupa juga desa ngadipuro melakukan teraweh bersama diseluruh musola dan masjid yang berada di desa ngadipuro.

Desa ngadipuro juga mengucapkan marhaban ya ramadhan kepada seluruh masyarakat desa ngadipuro, dalam menyambut ramadan ini mari kita melaksanakan dengan penuh sukacita, semangat,dan tak lupa memperbanyak ibadah di bulan spesial ini.

Dari karangan ayat diatas dan juga sedikit isi tentang kegiatan desa ngadipuro menunjukkan bahwa,bulan ramadan merupakan bulan yang sangat penuh makna dan hidayah, masyarakat ngadipuro sangat senang menyambut bulan yang penuh hidayah ini, masyarakat menjalankan dengan banyak melakukan aktivitas seperti kegiatan bukabersama, membersihkan tempat ibadah, membagikan takjil.

Untuk info lebih lanjut tetang kegiatan desa ngadipuro silahkan cek instagram kami @pemdesngadipuro dan suscribe chanel youtube kami agar tidak ketinggalan informasi beberapa kegiatan desa lainnya “ DESA NGADIPURO”

Nah itulah beberapa kegiatan desa ngadipuro, demikian sedikit yang dapat saya sampaikan, terimakasih ,sampai jumpa dilain waktu.